Jumat, 23 Juni 2017

Apa itu SEO ?

Ilustrasi UNAIR NEWS
Ilustrasi UNAIR NEWS

Search engine Optimation (SEO) adalah sebuah aktivitas optimasi sebuah halaman web atau seluruh situs yang bertujuan untuk membuat halaman web atau situs menjadi ramah terhadap mesin pencari (google, bing, yahoo). Semakin ramah sebuah halaman web atau sebuah situs akan memperoleh posisi yang semakin tinggi dalam sebuah mesin pencari.

SEO merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk :
  •  Mendesain dan mengembangkan sebuah website untuk memiliki peringkat yang baik dalam hasil pencarian mesin pencari.
  •  Meningkatkan volume dan kualitas trafik website dari mesin pencari
  •  Marketing dengan memahami bagaimana algoritma mesin pencari bekerja, dan apa mungkin dicari oleh pengunjung.
Sebelum memahami SEO secara keseluruhan, alangkah baiknya hal pertama yang dipahami adalah bagaimana sebuah mesin pencari bekerja.

How Search Engine Works ?
Pada dasarnya search engine menjalankan beberapa aktivitas atau proses untuk menampilkan hasil pencariannya. Proses-proses dalam pencarian antara lain :
  • Crawling  - Merupakan sebuah proses mengambil semua halamanweb yang terhubung (linked) ke sebuah situs web. Proses ini dilakukan oleh sebuah perangkat lunek (software) yang disebut sebagai crawler atai spider (Googlebot untuk Google)
  • Indexing – Proses pembuatan sebuah indeks terhadap semua laman web yang telah diambil dan menyimpannya dalam sebuah database yang nantinya akan dilakukan pengambilan kembali (retrieve). Pada dasarnya proses dalam pemberian indeks adalah proses identifikasi dari kata-kata dan ekspresi yang menggambarkan suatu halaman dan menetapkan sebuah halaman terhadap kata kunci tertentu.
  • Processing – Pada tahap ini merupakan proses pengolahan ketika sebuah permintaan pencarian muncul. Mesin pencari kemudian melakukan proses pengolahan permintaan pencarian dengan melakukan pembandingan terhadap setiap string dalam permintaan pencarian dengan halaman-halaman yang telah terindeks dalam database.
  • Calculating Relevancy -  Dengan melakukan perhitungan tingkat relevansi (kesamaan) dari setiap halaman page yang tersimpan dalam database memberikan hasil yang akurat, karena sangat mungkin beberapa halaman web mengandung string yang ada dalam kata-kunci pencarian yang diminta.
  • Retrieving Result -  Setelah dilakukannya proses crawling, indexing, processing, dan calculating relevancy, maka mesin pencari dapat memberikan hasil dari permintaan pencarian sesuai dengan string dalam kata kunci yang diminta. Hasil dari pencarian kemudian ditampilkan dalam browser dengan mengurutkan dari yang paling relevan hingga tidak.

NB : Mesin pencari biasanya melakukan pembaruan terhadap algoritma pencarian beberapa kali dalam tiap bulan.


Hal yang menjadi pembeda antar mesin pencari dapat didasarkan pada algoritma dalam menentukan relevancy hal tersebut tentunya sangat berpengaruh pada hasil dari pencarian sesuai dengan kata kunci yang diminta.

Referensi :  https://www.tutorialspoint.com/seo/what-is-seo.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kalau sudah Puas Lihat-Lihatnya, Mohon Komentarnya ya..